latest Post

Efisiensi Algoritma

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Algoritma merupakan suatu langkah kerja/urutan langkah kerja yang logis dan tepat untuk memecahkan suatu masalah, atau dalam ilmu komputer algoritma merupakan suatu konsep dasar dari sebuah program yang dimana dalam pembuatannya di perlukan daya nalar dan pikir yang baik maupun logis.
Kata algoritma sendiri berasal dari bahasa arab yaitu dari kata algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab.
Setiap bidang memiliki permasalahannya sendiri dan membutuhkan algoritma yang efisien. Masalah yang berkaitan di satu bidang terkadang dipelajari bersama. Beberapa contoh yaitu algoritma pencarian, algoritma penggabungan, algoritma numerik, algoritma grafik, algoritma deret, algoritma komputasi geometri, algoritma kombinatorial, algoritmas medis, mesin belajar, kriptografi, algoritma kompresi data dan teknik penguraian.
Terkadang bidang-bidang tersebut saling tumpang tindih, dan perkembangan algoritma di satu bidang bisa meningkatkan bidang lainnya yang terkadang malah tidak saling berkaitan.
Algoritma menyelesaikan masalah tanpa memberatkan bagian lain dari aplikasi. Sebuah algoritma yang tidak efisien akan menggunakan sumber daya (memori, CPU) yang besar dan memberatkan aplikasi yang mengimplementasikan algoritma tersebut.
1.2  Batasan Materi
Apa Itu Efisiensi Algoritma ?
Apa Faktor Yang Mempengaruhi Efisiensi Algoritma ?
Apa Itu Kompleksitas Algoritma ?
Penyelesaian Masalah Dengan Efisiensi Algoritma

BAB 2
PEMBAHASAN

2.1 Apa Itu Efisiensi Algoritma ?
Algoritma yang dapat dikatakan sebagai algoritma yang efisien, merupakan algoritma yang dimana pada saat pemrosesan algoritma tersebut tidak memakan banyak waktu dan juga ditak memakan banyak memori dalam pemrosesannya.
Seperti yang sudah di jelaskan, efisiensi algoritma umumnya di tinjau dari 2 hal, yaitu efisiensi terhadap waktu, dan efisiensi terhadap memori.
Walaupun algoritma yang memberikan keluaran yang benar (paling mendekati kenyataan), tetapi jika harus menunggu berjam-jam atau mungkin berhari-hari untuk mendapatkan outputannya (dalam hal ini yang dimaksudkan adalah efisiensi dalam waktu), algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai. Kebanyakan orang lebih menginignkan algoritma yang memiliki pengeluaran atau hasil outputan yang lebih cepat. Waktu yang diperlukan (running time) oleh sebuah algoritma cenderung tergantung pada jumlah input yang diproses.
Running time dari sebuah algoritma adalah fungsi dari jumlah inputnya. Running time dari suatu algoritma berbeda-beda bergantung pada input yang diberikan. Dengan demikian pengukurannya dihitung sebagai fungsi dari besarnya input yang diberikan.

2.2 Faktor Yang Mempengaruhi Efisiensi Algoritma
2.2.1 Kecepatan
a.       Banyak Langkah
Makin banyak langkah atau instruksi yang digunakan dalam menyelesaikan masalah, maka makin lama waktu tempuh yang dibutuhkan dalam proses tersebut.
Banyak langkah dalam suatu algoritma dinyatakan dengan banyaknya operasi aritmatika dan logika yang dilakukan. Dengan  demikian hal ini bergantung pada statement dan jenis algoritma :
·         Sequensial
Statement s1 dengan banyak langkah n(s1)
Statement s2 dengan banyak langkah n(s2)
                        banyak langkah = n(s1) + n(s2)
Built in subroutine call mempunyai waktu tempuh 1
sin (x)              → 1 operasi

sin (x*pi/1000)→ 3 operasi2.2.1 Kecepatan


Selengkapnya document dapat diunduh disini



Selengkapnya presentasi dapat diunduh disini

About Unknown

Unknown
Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment